Anak Sebagai Harapan

bw0017

Al Falakiyah_Bogor.

10/4/2015

Kehadiran anak ditengah keluarga merupakan kebahagiaan dan menambah rezeki orangtuanya. Setiap lahir anak, dianjurkan Nabi SAW, untuk menyembelih aqiqah, mencukur rambut dan menamainya dengan nama yang baik, sebagai tanda rasa syukur atas rahmat dan rezeki yang tak ternilai harganya.bw0017

Anak sangat penting dalam pandangan Islam, bagi orangtua haruslah mengetahui kedudukan anak bagi orangtuanya yaitu :

  1. Anak sebagai Rahmat.

Salah satu rahmat Allah bagi orangtua adalah rahmat dikaruniai anak : “…dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka sebagai suatu Rahmat dari sisi Kami.” (QS. Al-Anbiya : 84)

  1. Anak sebagai Amanah

Amanah berarti sesuatu yang harus dipertanggung jawabkan nanti di hadapan Allah SWT. Menjadi kewajiban orangtua untuk memelihara, mendidik, membimbing agar menjadi anak sholeh.

  1. Anak sebagai ujian

Segala apa yang di anugerahkan Allah kepada kita merupakan ujian dari-Nya termasuk harta dan anak. “Dan ketahuilah, harta-hartamu dan anak-anakmu itu adalah sebagai ujian (fitnah)” (QS. Al-Anfal : 28)

  1. Anak sebagai penyejuk

Anak sebagai hadir menjadi qurrata’ayun atau penyejuk mata dan hati bagi orangtuanya, yang membuat mereka senang dan gembira. Begitu merasa bangga bahkan kadang berbangga-bangga berkat kehadiran anak di rumahnya.

Namun pesan yang tak boleh diabaikan, (QS. Al-Munafikun : 9) : “Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah, siapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang yang merugi.”

 

# Redaksi_ziednie

0saves
If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>